Sejarah Karimunjawa Hingga Pengusiran Syekh Amir Khasan

Sejarah Karimunjawa, nach kalian sendiri ingin tau pastinya kenapa dinamakan pulau KARIMUNJAWA kan ???? Menurut penduduk asli karimun jawa jaman dahulu dan nara sumber atau tepatnya juru kunci makam SYEH AMIR KHASAN atau Yang dikenal sebagai MAKAM SUNAN NYAMPLUNGAN ceritanya sebagai berikut.
sejarah karimunjawa
Kupas tuntas sejarah Karimunjawa, Asal susul karimunjawa hingga pengusiran Syekh Amir Khasan Ular Edor dan pohon Nyamplungan

SYEKH AMIR KHASAN Syekh Amir Khasan

Syeh AMIR KHASAN merupakan Putra Dari Sunan Muria yang letak makamnya di kab.kudus di daerah gunung muria. Pada Suatu Hari syeh Amir Khasan di tinggal Ayah dan Ibundanya menunaikan ibadah haji dan kedua orang tua beliau bersepakat menitipkan syeh Amir Khasan ke padepokan atau pondok pesantren bapak angkatnya yaitu Sunan Kudus, disana beliau di ajarkan ilmu-ilmu agama islam dan pada saat itu Sunan Kudus ada acara maka beliau memberikan kepercayaan atau mandat kepada Syeh Amir Khasan untuk menggantikan posisi beliau Sunan Kudus menjadi guru mengaji/imam di pondok pesantren tersebut.

Pengusiran

Sewaktu Sunan KUDUS pergi ke acara di luar pesantren, Syeh Amir Khasan tidak melaksanakan sesuai perintah yang di anjurkan Sunan Kudus. Setelah Sunan Kudus Pulang dan Beliau mendengar dari salah satu santrinya maka Syeh Amir Khasan ditegur dan Begitu Ayah dan Ibundanya juga pulang dari Tanah Suci juga mendengar kabar serupa maka Syeh Amir Khasan di usir.

Asal Usul Nama Karimun Jawa

Kemudian beliau membuat rakit dari sebuah bambu di tepi pantai setelah jadi beliau mendayung rakitnya dengan bekal pepes KEONG dan LELE dan sampailah dipesisir pantai sebelah timur pulau karimunjawa dan suatu hari sang ibunda kangen pada Syeh Amir Khasan dalam hati beliau gundah gulana menghawatirkan sang buah hatinya, kemudian sang ibu melihat dari puncak gunung muria ada sebuah pulau di seberang dan terlihat SAMAR-SAMAR (KRUMUN-KRUMUN ) maka dinamakan pulau tersebut PULAU KARIMUN karena letak pulau KARIMUN yang tidak jauh dari pulau jawa Maka dinamakan PULAU KARIMUNJAWA

Ketika rakit beliau rusak karena di terpa angin dan akhirnya rakit tersebut tengkurap maka jadilah sebuah pulau kecil yaitu PULAU BATU Karena Pepes LELE tersebut ikut tumpah maka Beliau Menamakan Ds.Legon LELE. Ceritapun Berlanjut …..

Ular Edor Karimunjawa

Syeh Amir Khasan melanjutkan perjalanannya dan kemudian beliau merasa lelah akhirnya beliau dengan beberapa pengikut setianya memutuskan untuk berteduh dibawah pohon NYAMPLUNG sekalian menjalankan sholat, ketika Syeh Amir Khasan dan para pengikut setianya tadi mengambil air wudhu tiba-tiba ada seekor ULAR EDOR (menurut orang karimunjawa sekarang) mencoba mematuk salah satu pengikutnya, akhirnya Syeh Amir Khasan Mengutuk ULAR EDOR tersebut dengan bahasa jawa “PICEK” yang artinya BUTA !!! Nach gitu guyss mengenai cerita legenda ULAR BERBISA EDOR KARIMUNJAWA.

Sejarah Nyamplungan

Setelah Beliau menjalankan sholat di bawah pohon NYAMPLUNG tadi maka beliaupun memberi nama Ds.NYAMPLUNGAN dan akhirnya beliau memutuskan untuk menyebarkan dan mengamalkan ajaran ISLAM di dusun Nyamplungan Tersebut sampai akhir hayat beliau.
NACH begitulah cerita tentang karimunjawa guuyyyssss

0 Response to "Sejarah Karimunjawa Hingga Pengusiran Syekh Amir Khasan"

Posting Komentar